Bakso Ayam

Screen Shot 2016-09-10 at 11.30.59.png

Bahan-bahan:

Daging ayam 500 gram (gunakan bagian dada)
Air es 125 mili liter
Kecap ikan 1 sendok makan
Garam 1 sendok teh (bisa sesuaikan dengan selera)
Gula pasir 1/2 sendok makan
Minyak goreng 1/2 sendok makan
Tepung maizena 2 sendok makan
Baking powder 1 1/4 sendok teh
Baking soda 1/2 sendok teh
Merica bubuk 1/2 sendok teh
Kaldu ayam bubuk 1/2 sendok teh (jika suka, optional)
BAHAN LAINNYA :

Air es yang cukup banyak untuk merendam bakso
BAHAN BUMBU KUAH BAKSO AYAM :

Air kaldu dari air rebusan bakso plus tulang ayam 2 liter
Kaldu bubuk 2 sendok teh
Bawang putih 5 siung (haluskan)
Kecap ikan 2 sendok makan
Merica bubuk 1 sendok teh
Garam 2 sendok teh
Daun bawang 2 batang (iris-iris)
Bawang merah goreng secukupnya (digunakan untuk taburan)
Minyak secukupnya (digunakan untuk menumis)
PROSES PEMBUATAN BAKSO DAGING AYAM :

Langkah awal haluskan daging ayam dengan menggunakan food processor atau blender sambil dimasukkan 5 sendok air es. Satu sendok demi satu sendok ketika dihaluskan. Jika sudah halus, tuangkan adonan daging kedalam sebuah wadah atau mangkuk besar.
Jika dirumah tidak ada alat penghalus, bisa menggunakan cara manual yaitu dengan mencincang daging ayam. Lalu tambahkan air es sesendok demi sesendok sambil diaduk dengan spatula agar daging terlepas dan terpisah.
Langkah berikutnya siapkan mangkuk kecil lalu masukkan sisa air es, kecap ikan, garam, gula, kaldu bubuk, baking powder, baking soda, merica, minyak goreng dan tepung maizena. Aduk rata. Lalu masukkan larutan bumbu ini ke dalam adonan daging. Aduk perlahan hingga benar-benar merata, sisihkan.
Selanjutnya siapkan mangkuk berisi air es, basahi tangan anda kemudian ambil adonan dan bantingkan ke wadah lagi. Lakukan hal ini sekitar 10 kali atau sampai gumpalan adonan terlihat lembut (smooth, shiny dan elastis) dan jika disentuh terasa kenyal. Jika tangan anda terasa lengket ketika membanting adonan, maka segera celupkan tangan anda kedalam air es. (Fungsi banting membanting ini adalah agar memastikan serat daging terlepas dan tidak saling menggumpal).
Kemudian tutup permukaan mangkuk yang berisi daging dengan plastik, lalu masukkan ke dalam frezzer kurang lebih selama 30 menit.
Bila sudah 30 menit, silahkan didihkan air didalam panci yang cukup besar, lalu matikan kompornya.
Keluarkan adonan dari frezzer lalu ambil satu sendok makan adonan bakso dan dengan bantuan sendok lainnya bentuk bulatan-bulatan dengan diameter 1 1/2 centi meter. Jatuhkan adonan yang telah terbentuk bulat ke dalam air panas. Lakukan terus hingga semua adonan habis.
Adonan yang sudah masuk ke dalam air panas akan mengapung sendiri. Nah, ketika panci sudah terpenuhi adoanan bakso, maka hidupkan kembali api kompor lalu rebus bakso menggunakan api kecil. Jaga jangan sampai air mendidih sampai bergejolak, air hanya dididihkan hingga mengeluarkan letupan-letupan kecil saja bukan sampai benar-benar mendidih. Masak terus sampai semua bakso mengapung, aduk-aduk bakso dan masak sampai matang.
Boleh test kematangan dengan mengambil sebutir bakso lalu belah, bila dibagian tengahnya masih berwarna pink berarti rebus kembali sampai matang.
Selanjutnya angkat bakso dan tiriskan dengan saringan kawat, Lalu sisihkan air kaldunya untuk kuah nanti.
Siapkan mangkuk berisi air dan es batu yang cukup banyak, kemudian masukkan bakso ke dalamnya, rendam sampai dingin.
Bakso daging ayam siap diolah sesuai keinginan atau simpan ke dalam wadah rapat lalu bebukkan untuk bahan masakan sehari-hari.
Seperti janji kami diatas, bagi anda yang ingin membuat bakso kuah berikut kami sertakan pula resep kuah bakso super sedap dan segar yang pas disandingkan bersama bakso kenyal. Lengkapi dengan mie kuning, bihun serta sayuran seperti caisim atau daun seleda jika suka agar semakin special dan komplit.

Resep Kuah Bakso Super Sedap
PROSES PEMBUATAN KUAH BAKSO :

Langkah awal, tumis bawang putih dengan 1 sendok makan minyak hingga tercium aroma wangi sedap dan matang. Angkat.
Selanjutnya siapkan panci yang berisi air rebusan bakso, tambahkan tulang-tulang ayam jika ada. Lalu masukkan bawang putih, kecap ikan, merica bubuk serta kaldu bubuk. Rebus sampai mendidih, lalu masukkan bakso dan daun bawang. Masak sampai matang, cicipi rasanya. Angkat.
Penyajian : Siapkan mangkuk, masukkan mie, bihun, sayuran jika suka, tuang bakso dan kuah secukupnya, lalu taburi dengan bawang goreng jika suka. Nikmati dengan saus sambal dan cabai rawit, Mantap!!!
Daging ayam memang selalu enak diolah menjadi masakan atau hidangan apapun. Seperti halnya Cara Membuat Nugget Ayam Sendiri Yang Enak, Sehat dan Mudah Di Buat Di Rumah kemarin. Daging ayam dapat di olah menjadi nugget ayam homemade yang enak dan bergizi. Cara membuatnya sungguh mudah, jadi resep nugget tersebut wajib untuk dicoba.

Tips membuat bakso daging ayam yang kenyal dan lezat ternyata cukup simpel dan sederhana. Seperti ketika membuat bakso ikan (Fish Balls) yaitu dengan membanting-banting adonan sampai kalis dan mulus. Dengan cara sederhana ini anda sudah dapat membuat bakso yang kenyal dan elastis tanpa memerlukan tambahkan obat bakso sama sekali.

Seperti yang sudah kami katakan di atas, resep membuat bakso daging ayam ini dapat pula digunakan untuk membuat bakso sapi. Bahan dan bumbu yang digunakan sama takarannya, serta step bye step proses pembuatannya juga sama. Jadi yang diganti hanya daging ayam menjadi daging sapi saja. Bagaimana, cukup mudah bukan cara membuat bakso daging ayam ini?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s